HD: Lomba Balita Indonesia Kampanyekan Kesehatan Balita dan Cegah Stunting

By Abdi Satria


nusakini.com-Muara Enim-Gubernur Sumsel H Herman Deru mengapresiasi langkah TP PKK Muara Enim dalam menyelenggarakan Lomba Balita Indonesia (LBI) yang intinya mengajak dan mengkampanyekan kesehatan balita dan upaya mencegah stunting.

"Berdasarkan pidato Pak presiden katakan penyebab stunting juga disebabkan oleh gizi ibu, Jadi TP PKM Muara Enim saya harapkan juga turun ke lapangan memperhatikan remaja-remaja putri berusia matang untuk dibina agar melahirkan putra putri yang sehat dan berkualitas dengan gizi seimbang," ujar HD saat menghadiri LBI Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2022 di Balai Agung Serasan Sekundang Kab Muara Enim, Kamis (14/7/2022).

HD juga sarankan agar TP PKK menjalin kerjasama dengan kakanwil agama untuk melaksanakan bimbingan untuk mengkampanyekan kesehatan balita dan upaya mencegah stunting dengan cara menggalakkan kembali kegiatan posyandu.

"Kepada ibu-ibu teruslah jaga keseimbangan pemeliharaan gizi anak. Disamping itu didik juga anak-anak dengan budi pekerti yang baik untuk persiapan menghadapi masa depan dengan produktif,"katanya

Pj Ketua TP PKK Muara Enim, Nurmala Sari, SSTP, MSi, katakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia melalui upaya pembinaan kesehatan dan kesejahteraan balita dimulai sejak dini sehingga tumbuh kembangnya lebih optimal. Juga meningkatkan pengetahuan orang tua dalam membina tumbuh kembang balita.

Kegiatan ini diinisiasi oleh TP PKK, Dinkes Muara Enim, dan kader PKK desa, kelurahan, kecamatan.Peserta lomba berjumlah 44 orang terdiri dari usia 6-24 bulan. Lomba memiliki Penilaian aspek kesehatan anak secara fisik dan kesehatan tumbuh kembang secara psikologi.

Turut hadir Pj Bupati Muara Enim, Kurniawan, AP, MSi, Forkopimda Kab Muara Enim, Para Kepala OPD Sumsel. (rls)